Sinergi Membangun Desa, PABPDSI Kabupaten Tebo Gelar Bimtek

Sinergi Membangun Desa, PABPDSI Kabupaten Tebo Gelar Bimtek

 

BPD se-Kabupaten Tebo ikuti Bimtek di Hotel Amaris Muara Bungo, foto : CakRifin

TEBONETIZEN.COM, - Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Tebo menggelar bimbingan teknis (Bimtek) di Hotel Amaris Muara Bungo.



Ketua PABPDSI Kabupaten Tebo Karsini mengatakan, Bimtek ini dalam rangka penataan kelembagaan dan pedoman kerja BPD Pemerintah Desa melalui Kebijakan Pemerintah UU No 3 Tahun 2024.



"Bimtek ini diikuti oleh BPD se-Kabupaten Tebo, mulai hari Jum'at kemarin, sampai hari Minggu 21 Juli besok," ujarnya Sabtu (20/07/2024).



"Bimtek ini  bekerja sama dengan Pemerintah Desa Lampung dengan materi  Penataan Kelembagaan dan pedoman kerja BPD, kebijakan pemerintah UU no 6 2016 tentang Desa, Surat Mendagri Penegasan UU No 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua  UU  NO 6 Tahun 2016 tentang Desa," imbuhnya.



Kemudian Struktur Organisasi  dan Tata kerja (SOTK) BPD, penyusunan tata tertib BPD sebagai pedoman kerja BPD dan peraturan Desa, Penyusunan Aspirasi masyarakat sebagai pedoman penyusunan peraturan Desa tentang RPJMdesa, RKPdesa, APBdesa dan LKPPD.



Selanjutnya tentang Pelaksanaan kerja BPD, Melaksanakan musyawarah BPD dan musyawarah Desa dan Administrasi Serta laporan kinerja BPD, dan terakhir pengawasan kinerja kepala Desa dan pengawasan pengelolaan keuangan Desa oleh BPD.



"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi BPD untuk dapat lebih optimal dalam menjalankan tugasnya serta dapat bersinergi dan sejalan dengan Kepala Desa di tempat tugas masing-masing dalam membangun desa menjadi lebih baik," tutupnya.



Kegiatan Bimtek dibuka oleh Sekda Tebo Teguh Arhadi, dihadiri Kadis PMD Kabupaten Tebo Abdul Malik (Red-TN).


Baca Juga:

Untuk Anda